kesehatan ; Mengatasi kelelahan fisik

Mengatasi Kelelahan Fisik

 

 

Meski fakta bahwa teknologi modern membuat kehidupan jauh lebih ringan secara fisik dibanding tahun-tahun sebelumnya, tapi para dokter mengatakan bahwa semakin banyak orang yang mengeluh tentang daya tahan fisik mereka yang lemah. Bagaimana anda bisa melepaskan diri dari jebakan kelelahan fisik yang  mengancam anda terus menerus?
 

 

Pertama-tama, pada diri sendiri mengapa anda lelah. Apakah kelelahan itu disebabkan karena faktor-faktor fisik atau emosional? Kelelahan yang disebabkan oleh faktor-faktor fisik pada umumnya semakin parah pada pagi hari  dan biasanya penawarnya adalah tidur yang cukup. Kelelahan emosional justru sebaliknya. Kelelahan ini biasanya semakin para pada pagi hari dan berkurang menjelang malam.
 

 

Kelelahan fisik mungkin disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut :
Kebiasan makan atau tidur tidak teratur.
Ketidakseimbangan pada tingkat-tingkat elektrolit darah (sodium, potasium, dan mineral-mineral lainnya).
Bertempat tinggal atau bekerja pada daerah yang panas dan lembab.
Anemia.
Pengaruh pilek dan flu yang berlarut-larut.
Penyakit-penyakit penyebab infeksi yang luput dari perhatian, seperti monokleosis atau virus Epstein-Barr.
Beberapa gangguan endokrin, seperti kelenjar tiroid yang gagal berfungsi sebagaimana mestinya atau gangguan neurologis.
 

 

Kelelahan emosional mungkin disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut ;
Burnout ( merusak diri sendiri dengan bekerja terlalu keras).
Perubahan (dihadapkan pada krisis kehidupan yang besar atau keputusan hidup yang sulit seperti perceraian atau ancaman pensiun).
Kejenuhan (hidup terasa monoton atau hilangnya kegairahan dalam rutinitas sehari-hari)
Depresi
 

 

Tergantung dari sebab-sebab kelelahan, strategi-strategi berikut mungkin dapat membantu dalam mengembaliklan energi atau kegairahan hidup anda.
 

 

Atur diet dengan baik
Kebiasaan makan yang jelek (terlalu sering atau jarang) dan diet yang tidak seimbang bisa membebani tubuh dan meyebabkan kelelahan. Mengabaikan makan yang penting, seperti makan pagi, atau memanjakan diri sendiri dengan melahap makanan kecil yang mnis-manis secara praktis menjamin seseorang terjebak dalam kelelahan. Sebaliknya, makanan yang kaya akan zat besi, sereal dan roti yang terbuat dari tepung padi-padian dan buah-buahan dan sayur-sayuran mentah yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh bisa menjaga tingkat energi anda sehingga bisa tampil dinamis.
 

 

Berolah raga lebih sering
Menghabiskan lebih banyak energi sesungguhnya akan memberi anda energi lebih banyak lagi, khususnya bila pekerjaan anda tidak pindah-pindah (dibelakang meja selama berjam-jam). Olah raga juga bisa  berfungsi sebagai transquliser, meredahkan ketegangan emosional yang disebabkan oleh beban kerja yang menumpuk, kecemasan atau keletihan. Jika anda merasa letih, cobalah berjalan-jalan di udara terbulka. Cara ini bisa dengan cepat memperbaharui energi anda.
 

 

Aturlah sirculasi udara
Bekerja atau  bermain di cuaca panas bisa membuat anda lelah. Begitu juga  bekerja atau hidup dalam lingkungan yang ventilasi udaranya jelek. Jawabannya istirahatlah di ruangan dingin dan kering sesering mungkin, minum sebanyak-banyaknya dan buka jendela.
 

 

Istirahatlah dan Rileks
Anda tidak perlu diberi tahu untukmengetahui jika terlalu lama tidak tidur, tidur semalam (atau dua malam) yang yenyak dan nyaman bisa membuat punggung anda pegal-pegal dan lelah,. Tapi tahukah anda  bahwa istirahat dan rileksasi sehari-hari bisa menghemat energi? Aturlah jadwal kerja anda sehingga ada waktu untuk relaksasi, lalu ambilah nafas dalam-dalam atrau meditasi.
 

 

Ubahlah rutinitas anda
Tak ada yang membuat anda cepat lelah dan tak bergairah  dibanding kerja yang monoton atau rutinitas. Oleh sebab itu cobalah hal-hal baru danmenarik sekali sehari (atau lebih). Jika, sebaliknya, beban kerja terlalu berat, sisihkan beberapa saat untuk menikmati ketenangan dan kedamaian.
 

 

Jika anda menderita akibat kelelahan yang terus menerus dan sulit dicari penyembuhannya, temuilah dokter. Di tangan dokter, berbagai macam kondisi medis yang menjadi penyebab kelelahan bisa dicari pemecahannya atau cobalah menghubungi ahli refleksi.
 

 

Leave a Reply

InstaForex